Posted by: ryfkanarang | January 2, 2010

Makalah PEMBELAJARAN VISIONER

Guru, sebagai pengajar dan pendidik, memainkan peranan penting dan strategis dalam jagat pendidikan. Ia merupakan salah satu komponen penting pendidikan dalam proses aktualisasi dan optimalisasi kemanusiaan manusia peserta didik. Oleh karenanya, setiap adanya inovasi pendidikan yang bermuara pada upaya peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM- dalam arti yang seluas-luasnya), guru selalu dilibatkan di dalamnya.

Kini, ditengah perkembangan dan perubahan zaman yang begitu cepat akibat perkembangan dan kemajuan iptek (baca; globalisasi-informasi) yang hampir dapat dipastikan akan membawa perubahan-perubahan dalam dunia siswa dengan seluruh alam pikiran, kepribadian, dan idealismenya, guru dituntut untuk lebih kreatif, proaktif, inovatif, dan visioner.

Guru diharapkan mampu untuk beradaptasi dan mampu mengelola perubahan yang terus terjadi saat ini secara maksimal. Guru hendaknya terus-menerus melengkapi dirinya dengan sejumlah kompetensi yang memadai agar penampilannya di depan kelas, proses fasilitasi, proses interaktif-dialogis, dan ragam metode serta pendekatan pedagogisnya sungguh relevan dengan perubahan yang terjadi tersebut. Prinsip pedagogi “educatio cura personalis est” hendaknya selalu menjadi inspirasinya dalam mengantar peserta didik menuju kepenuhan kemanusiaannya.

Agar proses pembelajaran dan pendidikan dapat berlangsung secara optimal dalam rangka menuju kepenuhan kemanusiaan peserta didik tersebut, guru dituntut tidak saja memiliki kualifikasi seperti yang disyaratkan pemerintah saat ini, lebih dari itu, ia harus memiliki kemampuan mendidik, mengajar, dan melatih yang aspiratif, kreatif, proaktif, inovatif, menyenangkan dan bermakna.

Singkatnya, kini, guru diharapkan (dituntut) menjadi sosok yang berwibawa, profesional, dan visioner. Guru diharapkan tidak hanya terjebak pada rutinitas tugas kesehariannya, ia harus terus melakukan pembaharuan-pembaharuan dan memberikan “roh” pembebasan kepada para peserta didiknya. Oleh karenanya, kini, guru-guru visioner mutlak diperlukan. Kiranya hanya dengan demikian, sekolah akan melahirkan pribadi-pribadi unggul yang berkarakter, beridentitas, beradab, dan berharkat-bermartabat.

Guru visioner adalah guru yang mempunyai visi yang jauh ke depan melampaui batas-batas dan sekat-sekat ruang dan waktu. Apa karakteristik guru yang visioner tersebut ?

Menurut Barbara Brown (2003:37, dalam Muhamad Nurdin, 2005), karakteristik guru yang visioner tersebut adalah sebagai berikut.

  1. Visualizing. Guru visioner mempunyai gambaran yang jelas tentang apa yang hendak dicapai dan kapan hal itu akan dicapai.
  2. Futuristic Thinking. Guru yang visioner tidak hanya memikirkan kondisi saat ini, tetapi juga memikirkan kondisi yang diinginkan pada masa yang akan datang.
  3. Showing Foresign. Guru visioner adalah perencana yang dapat memperkirakan masa depan. Dalam membuat rencana tidak hanya mempertimbangkan apa yang ingin dilakukan, tetapi juga mempertimbangkan teknologi, prosedur, organisasi, dan faktor lain yang dapat mempengaruhi rencana yang telah ditentukan.
  4. Proactive Planning. Guru visioner menetapkan sasaran dan strategi yang spesifik agar bisa mencapai sasaran tersebut dengan baik serta mampu mengantisipasi atau mempertimbangkan berbagai rintangan potensial dan melakukan pengembangan rencana darurat untuk menanggulangi hambatan.
  5. Creative Thinking. Guru visioner dalam menghadapi tantangan berusaha mencari alternatif pemecahannya dengan memperhatikan isu, peluang, dan masalah.
  6. Taking Risk. Guru visioner berani mengambil resiko apapun, dan menganggap

Dengan kemajuan teknologi komputer dan net kita sebagai tenaga pendidik seharusnya mempunyai gagasan baru dan daya kreatifitas yang dapat kita bagi terhadap siswa didik kita. Dengan membiasakan siswa terbiasa dengan komputer dan net salain akan menanbah pengatahuan akan membuat anak tidak gaptek (gagap teknologi).

Sebuah contoh saja seorang guru membuat blog atau webside, apalagi membuat blog atau webside tanpa dikenakan biaya. Guru dapat membuat membuat sumber belajar untuk siswa dan disampaikan lewat internet, atau bahkan juga guru bisa memberikan tugas dan panduan tugas-tugas tersebut dapat diakses melalui internet dan masih banyak lagi contoh lainnya.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: