Posted by: ryfkanarang | January 2, 2010

Makalah Pembelajaran Video Pembelajaran

Penggunaan Video Sebagai Sumber Pembelajaran

A. Pendahuluan

Penggunaan video sebagai sumber pembelajaran sangat penting. Dengan menggunakan video sebagai sumber pembelajaran, siswa dapat memberikan tanggapan pada kompetensi dasar, mengomentari pementasan, dan juga pemodelan pada kompetensi dasar menulis naskah video dan juga kompetensi dasar memerankan nakah yang ditulis siswa. Masalah yang dibahas adalah hal-hal yang berhubungan dengan penggunaan video

sebagai sumber pembelajaran video pada siswa. Pendekatan yang digunakan dalam pembuatan pembelajaran video ini adalah pendekatan konstruktivis dan desain. Sumber pembelajaran ini adalah video yang berhubungan dengan penggunaan video sebagai sumber pembelajaran. Penggunaan video sebagai sumber pembelajaran kompetensi dasar menanggapi untuk membantu siswa dalam memahami kompetensi dasar yang akan dicapai dan juga dapat digunakan sebagai pemodelan pada kompetensi dasar yang lain yaitu menulis naskah video.

Dalam menggunakan video sebagai sumber pembelajaran mempunyai beberapa faktor pendukung keberhasilan penggunaan video sebagai sumber pembelajaran. Terdapat tiga faktor pendukung penggunaan video sebagai sumber pembelajaran, faktor pendukung itu terdiri dari faktor internal dan eksternal. Faktor pendukung internal antara lain: (1) adanya  semangat fasilitator untuk membuat metode atau strategi yang bervariasi untuk memadukan pendekatan kontekstual dan komunikatif sehingga meminimalisasi rasa bosan dan membuat siswa semangat untuk mengikuti pelajaran (2) adanya upaya fasilitator untuk menggunakan metode, media yang bervariasi yang disesuaikan dengan kompetensi dasar dan juga minat siswa, (3)adanya kerjasama antara seluruh komponen sekolah yaitu fasilitator, kurikulum, metode  dan lingkungan sekolah yang saling mendukung untuk membentuk suatu system yang dapat saling membantu dan bekerja sama. Sedangkan faktor pendukung eksternal yaitu: adanya kerjasama antar fasilitator bidang studi bahasa Indonesia.

B.    Pembahasan

Program pembelajaran vadeo ini menampilkan keterampilan mengadakan tampilan dimulai dengan penjelasan presenter tentang pengertian, pentingnya keterampilan mengadakan pembelajaran video yang perlu dikuasai untuk menerapkan keterampilan dasar mengadakan pembelajaran video. Langkah berikutnya adalah menunjukkan contoh-contoh penerapan komponen-komponen keterampilan mengadakan pembelajaran video. Caranya ialah dengan menunjukkan cuplikan-cuplikan tayangan yang menunjukkan cara pembuatan video dan carapembelajaran, yang dilanjutkan dengan menjelaskan prinsip-prinsip yang perlu diperhatikan dalam penerapan keterampilan mengadakan pembelajaran.

Setelah sajian contoh-contoh penerapan setiap komponen keterampilan mengadakan kegiatan berikutnya adalah mengadakan rangkuman tentang pengertian, manfaat, komponen, dan prinsip-prinsip yang perlu diperhatikan dalam  keterampilan mengadakan pembelajaran. Kegiatan akhir adalah presenter menyampaikan pesan tindak lanjut dan menutup sajian program video. Dalam pesan tindak lanjut, presenter meminta para mahasiswa membaca bahan rujukan keterampilan mengadakan variasi. Dalam bagian penutup presenter mengingatkan kembali tentang cara menguasai keterampilan dasar mengajarkan pembelajaran video dengan (1) memahami hakikat, prinsip dan komponen keterampilan, (2) menerapkan keterampilan dalam bentuk pengajaran mikro, dan (3) menerapkan keterampilan dalam praktik mengajar.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: