Posted by: ryfkanarang | December 31, 2009

KTSP

Pemahaman guru terhadap kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP) berbeda-beda. Beberapa guru mengatakan perubahan kurikulum adalah perubahan buku mata pelajaran.Guru honorer SMA Taman Siswa, misalnya, mengatakan KTSP adalah kurikulum 2006, sehingga sekolah yang sudah menerapkan KTSP harus menggunakan buku KTSP 2006. “Tidak semua sekolah yang menggunakan KTSP, jadi beberapa sekolah masih menggunakan kurikulum 2004,” kata dia.Pemahaman itu berbeda dengan guru honorer SMA Tri Sukses, Eko Dedi Gunawan, yang menjadi wakil dalam Workshop KTSP dan Pembuatan Rencana Pembelajaran.

KTSP adalah kurikulum yang disusun di tingkat sekolah. Dalam implementasi KTSP, guru yang menyusun materi pokok dan indikator penilaian siswa. “Penerapan KTSP bukan berarti bahwa buku harus KTSP, buku apa pun bisa digunakan sekolah sesuai pengembangan kurikulum sekolah,” kata dia.Workshop diselenggarakan Departemen Pendidikan Nasional melalui Dinas Pendidikan Provinsi Lampung. “Kebetulan pada pelatihan KTSP itu, saya yang ditunjuk mewakili sekolah,” kata Eko, Selasa (5-12).
setelah mendapatkan pelatihan KTSP, sekolahnya melakukan in house training untuk guru-guru sekolah. Akan tetapi, kata dia, beberapa guru yang tidak aktif bertanya dan berdiskusi belum bisa memahami KTSP secara utuh. “Sekarang penerapan KTSP dilakukan bersama-sama di Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP),” kata dia.Sebelumnya, tutor nasional KTSP, Sucipto, menjelaskan secara substansi, KTSP menggunakan konsep kurikulum berbasis kompetensi, sedangkan penyusunan kurikulum dilakukan sekolah.
Oleh sebab itu, KTSP menuntut guru untuk melakukan ketuntasan mengajar dan memahami karakter siswa secara individu-individu. Setiap sekolah akan memiliki kurikulum yang berbeda-beda sesuai kebutuhan dan kemampuan sekolah tersebut.

Kurikulum adalah seperangkat rencana dan pengaturan mengenai tujuan, isi, dan bahan pelajaran serta cara yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu.

KTSP adalah kurikulum operasional yang disusun oleh dan dilaksanakan di masing-masing satuan pendidikan. KTSP terdiri dari tujuan pendidikan tingkat satuan pendidikan, struktur dan muatan kurikulum tingkat satuan pendidikan, kalender pendidikan, dan silabus


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: